Bimbingan Teknis Mutu PT Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI

     Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerja sama dengan Best-Q Institute mengadakan workshop kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Mutu Perguruan Tinggi Islam Swasta

     Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam mengembangkan Sistem Penjaminan Mutual Internal (SPMI) di lembaga pendidikan masing-masing, sehingga dapat meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dengan mencapai target akreditasi yang diharapkan, khususnya pada perguruan tinggi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ Baubau.

     Pada workshop kali ini Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI mengusung tema “Penguatan Akreditasi Institusi Melalui PD Dikti pada PTKI” dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu PTKIS”. Dengan melibatkan ahli fasilitator, yaitu Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil. , Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd.I.; dan Rosihan Aslihudin, M.AB. Acara tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai 23-25 Mei 2023 di Hotel Claro Makassar, dihadiri oleh kurang lebih 65 peserta dari seluruh perwakilan PTKIS di Kopertais Wilayah VIII Sulawesi, Maluku dan Papua dalam hal ini ketua Asosisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (APTIKIS) , Rektor, Pengelola Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Staff dll .

Bapak Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil.I menyampaikan bahwa “Lembaga pendidikan tinggi yang telah didirikan mempunyai tanggung jawab yang penting, yaitu memastikan pelaksanaannya. Salah satu upaya untuk menjamin kualitas tersebut adalah dengan menggunakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Salah satu faktor kunci dari SPMI adalah bahwa perguruan tinggi harus memiliki Standar Pendidikan yang mengacu pada SN-Dikti.”

     Kemudian materi dilanjutkan Tim Best-Q Institute dengan materi tentang Kebijakan Nasional SPMI, Standar MBKM dalam siklus PPEPP, serta teknik penyusunan 4 komponen SPMI, yaitu Kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI, dan Formulir SPMI, melalui sesi panel. Lanjutan pada kegiatan tersebut adalah presentasi hasil dari praktik penyusunan 4 dokumen SPMI hingga penutupan acara.

Peliput : Muhammad Syukran (Kepala LPM STAI YPIQ Baubau)


 

0 Response to "Bimbingan Teknis Mutu PT Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI"

Posting Komentar